Rabu, 05 Februari 2020

Review Shimano Stradic FK Spinning Reel

Shimano kembali menghadirkan reel reel berkualitasnya. Pada artikel Review Shimano Stradic FK ini kami akan menjelaskan secara detail kelebihan (dan kekurangan) reel ini sehingga membuatnya begitu sangat populer.

Bagi anda yang terbiasa bermain dengan kualitas produk produk shimano, tentunya tidak akan lagi kaget dengan kualitas reel ini yang begitu halus, rigid, solid, dan cantik namun begitu smooth saat digunakan. Shimano Stradic FK hadir dalam 5 model dari ukuran 1000 hingga 5000.

Review Shimano Stradic FK Spinning Reel

Shimano Stradic FK memberikan beberapa perubahan dari seri Stradic awal yang membuatnya kini menjadi lebih seimbang dan lebih awet. Pada seri baru ini, Shimano menambah beberapa Seal untuk mencegah air menembus pertahanan bodi reel ini. Pada bagian desain dan bodi, Shimano kini memberikan warna platinum untuk menggantikan versi stradic awal yang berwarna putih. Warna platinum dinilai lebih modern dan garang.

Sebagai Basic pertahanan, Shimano Stradic FK menggunakan Teknologi Hagane untuk memperoleh Bodi yang kokoh dan seimbang. Drive Gear yang berada di reel ini disandingkan dengan X-Ship Pinion Gear agar menghasilkan traksi yang smooth bahkan dalam beban yang cukup berat, misalnya ketika bertarung dengan ikan ikan yang ukurannya diluar target.

Review Shimano Stradic FK Spinning Reel

Poin Plus Shimano Stradic FK

  • Salah satu reel air asin terbaik di kisaran 2 jt
  • Reel Shimano Stradic FK Sangat Smooth, Putaran dan setiap drag terasa halus dan kokoh.
  • Kualitas pembuatannya sangat baik. Desain, Bahan, dan partnya ditujukan agar mampu menahan ancaman air asin (laut)
  • Body dan Gear menggunakan proses Hagane dalam pembuatannya sehingga diklaim mampu memperoleh komponen yang kokoh dan awet.
  • Dapat digunakan hampir di semua kondisi dan medan. Mampu menahan beban yang bahkan di atas ratingnya.
Secara keseluruhan, Shimano Stradic FK adalah pilihan yang bagus untuk Spinning reel di range harga segitu yang memberi komposisi seimbang antara bobot, kekuatan, dan smooth nya. Bagi anda yang ingin bermain main dengan Kakap, Kerapu, Tenggiri, atau baracuda dengan lebih tenang, reel ini sangat kami rekomendasikan.

Shimano Stradic FK Shimano Stradic FK
 Shimano Stradic FK Shimano Stradic FK



Nama Shimano bagi kalangan pemancing (Menengah dan Ke atas) identik dengan kualitas reelnya yang senyap, tahan lama. Pada reel reel keluaran barunya kini lebih ringkas, modern, dan hampir seluruhnya memanfaatkan teknologi Hagane dalam proses produksi.

Hagane sebenarnya adalah sebuah kata yang diambil dari baja berkualitas sangat tinggi yang digunakan sebagai bahan pembuat pedang para samurai, yang seperti kita ketahui dikenal luas untuk kekuatan dan ketajamannya. Hal inilah yang membuat Shimano yakin bahwa mereka memberikan produk dengan bahan bahan terbaik untuk menghasilkan reel berkekuatan tinggi dengan bobot yang cukup ringan.

Sama seperti reel reel lainnya yang bermain dengan air laut/asin, kita tetap harus menjaga reel ini bersih dan selalu dicuci setelah memancing di air laut.

Fitur dan Spesifikasi Shimano Stradic FK

Hagane Body

Hagane Body memberikan kekuatan, ketahanan, dan tingkat rigid yang pas pada keseluruhan reel agar mampu meredam beban yang bisa datang tiba tiba. Meskipun keseluruhan body tidak 100 persen metal, namun dengan sebagian besar metal membuat keseluruhan proses desain lebih presisi dan bisa mendapatkan kualitas reel yang smooth.

Sebelumnya Shimano hanya membenamkan body hagane berkualitas tinggi untuk reel reel kelas atas mereka seperti Stella SW, Namun sepertinya Shimano mulai berfikir untuk mengaplikasikan Hagane Body mereka kepada seri seri yang lebih murah seperti Shimano Stradic FK ini. 

Shimano Stradic FK

Hagane Gear

Gear pada Shimano Stradic FK pada pembuatannya menggunakan proses Cold Forged dengan hagane. Hasil akhirnya adalah gear gear berkekuatan tinggi yang mampu memberikan tingkat smooth level tinggi. Teknologi X-Ship yang dipakai menghasilkan sistem gear yang lebih presisi, kuat, dan smooth.

Perbedaan kekuatan ini mungkin tidak akan terlihat saat mencoba memutar mutar handle reel ini di toko pancing, namun ketika Shimano Stradic FK menerima beban yang cukup tinggi, anda akan mulai menyadari bahwa kombinasi X-Ship dengan Hagane Gear akan mampu membuat reel ini tetap smooth dan stabil.

X-Ship

Pada dasarnya, X-Ship adalah penggabungan dari beberapa fitur komponen yang saling bekerja sama untuk mendapatkan efisiensi dan tingkat presisi yang lebih tinggi. Untuk Stradic FK ini, Shimano menempatkan Pinion Gear lebih dekat ke garis tengah Drive Gear. 
Dengan sistem peletakan yang baru ini, Shimano Stradic FK mampu mengalirkan power lebih banyak dan akurat dari putaran handle menuju rotor. Pinion gear ini disandingkan dengan dua buah A-RB roller bearing yang meningkatkan kestabilan dan pada keadaan yang sangat ekstrim, mampu menahan pinion gear agar tidak melintir.

Coreprotect

Shimano membenamkan fitur CoreProtect yang diklaim mampu membuat reel ini water resistant pada segala kondisi cuaca. Dengan kemampuan tahan terhadap air, tentu akan memperpanjang umur reel ini selama kita dapat menjaganya dengan baik.

G Free Body

Salah satu fitur dari reel reel high end Shimano adalah G Free Body. Bagian internal pada reel Shimano Stradic FK ini didesain untuk lebih mendekati Rod. Dengan posisi yang rapat dan lebih dekat dengan joran, bobot dan kestabilan reel ini akan lebih seimbang. Dalam penggunaannya, tangan kita jadi tidak mudah lelah dan dapat memancing lebih lama. Desain ini pertama kali diterapkan pada Shimano Stella yang terkenal (mahal banget) itu.

Larger Stainless Steel Bail

Bail adalah salah satu bagian penting pada sebuah reel. biasanya kami selalu memperhatikan bagian ini pada setiap reel yang akan kami beli, selain power handle. Shimano Stradic FK menggunakan bail berbahan stainless steel dengan ukuran yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya.

Propulsion Line Management

Entah apa yang mereka maksud dengan fitur ini, yang jelas Shimano Stradic FK memiliki manajemen line yang sangat baik berkat spool yang dibuat dengan AR-C cold forged dan dilengkapi dengan desain smooth lips yang sedang populer di hampir setiap reel kelas menengah.

Spesifikasi Shimano Stradic FK

  • G Free Hagane Body
  • Hagane drive gear
  • X-Ship
  • AR-C cold forged spool
  • 6 Shielded A-RB & 1 anti-reverse roller bearing
  • Front drag
  • Propulsion line management
  • Dyna-Balance
  • Fluidrive II
  • Power Roller II
  • SR-Concept
  • Aero Wrap II

Pada model baru ini, Shimano memberikan desain baru pada spool untuk line clip/pengait tali pancing. Diameter drag knob juga kini dibuat lebih besar agar kita dapat lebih mutar mengatur drag Shimano Stradic FK ini, terutama jika anda menggunakan sarung tangan.

Yang cukup mengejutkan, Shimano menghilangkan Switch anti-reverse pada Stradic FK ini. Mungkin mereka menyimpulkan bahwa switch ini tidak terlalu diperlukan.

Desain Bearing Anti-reverse juga didesain ulang dan diklaim telah mengalami penurunan beban gesekan hingga lebih dari 25%. Desain rotor yang baru ini mengalami peningkatan yang signifikan sehingga makin rigid dan lebih bertenaga ketika bertarung dengan ikan yang besar.

Kalau hanya dilihat, Shimano Stradic FK sepertinya mirip mirip saja dengan reel reel dengan harga yang sekelas, terutama jika anda hanya melihat lihat sekilas di toko pancing. Tapi begitu digunakan untuk memancing dan strike ikan besar yang kuat, kita akan langsung merasakan perbedaannya. X-Ship desain yang dipakai benar benar membuatnya berbeda dari reel lainnya. Shimano Stradic FK Dapat terus menghajar ikan dengan tingkat smooth yang sangat bagus, baik ketika kita melakukan drag, atau ketika menggulung reel.


Model yang tersedia untuk Shimano Stradic FK Spinning Reel


Model Line Retrieve (in) Mon Cap
(yds/lb)
Braid Cap
(yds/lb)
Bearings Max Drag
(lbs)
Gear Ratio Weight (oz)
1000HGFK 31" 2/270
4/140
6/110
0/95
15/85
20/65
6 A-RB+1RB 7 6.0:1 6.9
2500HGFK 35" 6/200
8/140
10/120
10/150
15/145
40/105
6 A-RB+1RB 20 6.0:1 8.3
3000HGFK 35" 6/230
8/170
10/140
10/200
20/140
40/105
6 A-RB+1RB 20 6.2:1 8.3
4000XGFK 39" 8/240
10/200
12/160
15/280
30/170
50/150
6 A-RB+1RB 20 6.2:1 9.9
5000XGFK 41" 10/240
12/195
14/165
20/220
30/200
40/160
6 A-RB+1RB 20 6.2:1 11.3


Shimano Stradic FK Spinning Reel tidak diragukan lagi bisa menjadi sangat booming dan laris manis akhir akhir ini bukan tanpa alasan. Seabreg fitur dan teknologi yang diusung membuat reel ini serasa berbeda kelas jika dibanding dengan reel reel lain dengan kisaran harga yang sama. 

Nama besar Hagane yang selalu menyertai reel reel kelas atas Shimano semakin membuat angler kepincut. Dengan proses produksi yang sedemikian bagus, reel ini diyakini akan bertahan cukup lama selama diperhatikan dengan baik.

Sepertinya untuk beberapa saat kedepan, Shimano Stradic FK dan Penn Battle II akan menguasai penjualan reel spinning kelas menengah. Setidaknya sampai mereka mengeluarkan model baru di kelas harga yang sama, atau produsen lain seperti Daiwa mengeluarkan seri dengan teknologi baru. Seri Shimano lain yang lebih murah namun dilengkapi dengan Hagane dan X-SHip design adalah Shimano TwinPower SW.

Video Review Shimano Stradic FK Spinning Reel

Video dalam proses produksi, namun anda bisa subscribe ke channel youtube kami jika ingin segera mendapat pemberitahuan begitu kami menguploadnya. 

Video Promosi bisa dilihat:



Disqus Comments