Minggu, 19 November 2017

pembahasan bahan baku pembuatan beads atau adsorben atau zat penyerap

Assalamualaikum dan selamat malam. 
Kali ini saya akan bahas tentang lanjutan dari cerita saya kemarin (masih tentang tugas akhir saya a.k.a skripsi. lanjut ke pembahasan bahan baku pembuatan beads atau adsorben atau zat penyerap yang saya gunakan. bahan baku untuk pembuatan "beads" yang saya gunakan adalah kitosan. 
apa itu kitosan ? 

menurut (Muzarelli, 2009) kitosan merupakan produk destilasi kitin yang memiliki sifat unik, sebab kerangka gula pada kitosan mempunyai gugus amino yang bermuatan positif. karena muatan itulah, kitosan mempunyai aplikasi yang luas diantaranya adalah sebagai filokulan kationik pada pengolahan limbah dan sebagai bahan penyusun produk kulit dan rambut. 

Kitosan
Kitosan


note : 
1. destilasi atau penyulingan merupakan proses pemisahan senyawa kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap. Dalam penyulingan, campuran zat(misalnya campuran alkohol dan air) itu dididihkan, maka antara alkohol dan air akan ada yang menguap terlebih dahulu. Zat yang menguap terlebih dahulu di katakan sebagai zat yang memiliki titik didih lebih rendah daripada zat yang tertahan saat dididihkan. 

2. kitin adalah turunan gula (polisakarida) yang biasanya dapat kita temukan kelimpahannya dari kulit udang, kulit kepiting dan serangga. 

semoga bermanfaat 
Disqus Comments