Jumat, 15 Desember 2017

Pengalaman Mahasiswa Kimia Untuk Tugas Akhir

Assalamualaikum. 
malam ini cuman mau cerita tentang pengalaman pertama kali ngelab untuk tugas akhir. senin tanggal 11 desember 2017 kemarin cukup membuka mata saya sebagai seorang mahasiswa kimia untuk lebih mementingkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pada saat bekerja dalam laboratorium. 

Jadi ceritanya untuk uji pendahuluan bahan yang saya gunakan adalah serbuk kitosan, serbuk NaHCO3 atau soda kue, akuades dan serbuk Natrium Tripolifosfat dan asam asetat 5%. nah.. trouble mulai datang saat saya mulai mencampurkan 20ml asam asetat 5% dengan serbuk kitosan, dimana bau asam asetat yang cukup menyengat membuat saya sedikit mual. satu pelajaran banget buat saya untuk nanti selalu membawa masker, handscoon atau sarung tangan lateks maupun alat pelindung diri yang lainnya.. yang pasti kudu "SAFETY FIRST". 
Safety Mask


untuk kawan2 yang biasa bekerja di lab atau sering bekerja dengan bahan2 kimia, jangan lupa untuk tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja yaa.. kenali baik2 bahan dan materian apa yang kalian hadapi saat bekerja. 


salam 
Disqus Comments